prihatinstyle

semua manusia akan diuji…bersiaplah kawan…

Setiap Manusia Akan Diuji

Sebenarnya sudah lama saya mengetahui ayat ini…“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar” (QS. 2:155)…tapi dalam hati, saya berkata tidak mungkin saya diuji dengan kekurangan harta…karena saya sudah bekerja diperusahaan yang tingkat resiko ada pengurangan pegawainya kecil…dan pola hidup saya sangat biasa…bisa dibilang tidak pernah dugem…kongkow2 di mall…atau foya2….berangkat kerja pagi naik motor…sebelum adzan magrib sudah sampe rumah…makan…terus nonton tv…terus tidur…hari sabtu minggu kalau tidak sedang pacaran ya maen sama temen2 sma…cuma kumpul di salah satu rumah teman terus ceng2an ketawa ketiwi ga jelas…hehehe…
waktu terus berjalan…saya merid…penghasilan jadi ada 2 sumber…kita coba2 beli mobil bekas tahun 94…terus setahun kemudian kita ganti jadi yang agak mudaan…tahun 99…dengan cara kredit….terus punya anak…lalu 2 tahun kemudian lagi anak kedua lahir….setelah kredit mobil lunas, dalam waktu yang relatif singkat dilalahnya kita dapet rumah second yang harganya miring…nah disini deh ujian dimulai….dengan tabungan sekitar 20jt kita nekat beli tuh rumah…kita ajukan KPR ke BTN…alhamdulillah langsung disetujui…dan dijelaskan ada biaya sekitar 10jt ditahap awal (termasuk cicilan pertama)…dari BTN kita dikasih rekomendasi notaris…ternyata ada biaya tambahan lagi sekitar 15jtan…buset…duit dari mane neh…maju kena mundur kena nih namanya…akhirnya kita tetep maju dengan cara minjem ke orang tua….1 masalah teratasi…hehehe…
setelah jual beli selesai, karena rumah second, kita coba renov dikit supaya lebih rapih…bentuk rumah sedikit dimodifikasi….ketika renov dimulai baru ketahuan bahan2 bangunannya dan konstruksi rangkanya…pondasi saja pake batako lama…dan dulu membangunnya mungkin dikit2 jadi banyak sambungan2an yang maksa dan kurang kuat….setelah konsultasi dengan orang tua akhirnya kita putuskan untuk memperkuat rumah…karena tanggung biar sekali jalan…disinilah ujian kekurangan harta makin berasa….gaji saya dan istri tidak cukup buat hidup sebulan…bayar material…bayar tukang…dan kas kecil tukang buat keperluan makan minum, dll…saya dan bini merasa jadi orang termiskin sedunia…istri yang tadinya kerja PP naek bajaj dan ojek sehari bisa gocap…sekarang naik motor…10rebu bisa seminggu…saya yang tadinya kerja naek mobil sekarang jadi naek sepeda yang dulu dibeli karena iseng belom punya sepedah…jajan yang dulu sering sekarang kita bawa bekel buat makan pagi dan siang…dan itu juga masih kurang…hiks hiks…

mobil pun dijual….tapi karena ada anak 2 jadi kita beli lagi yang tuaan…tahun 93…seperti biasa…beli mobil second terus ane bawa ke bengkel (temen) buat diservis biar enak lagi…dan ternyataaaa….niatnya betulin box olienya doang yang rembes, pas dibuka ada serpihan part…jadi turun setengah deh…yaudah sekalian bersihin kerak2 mesin…entah siapa yang salah…temen ane si montir itu atau memang mobilnya udah tua…jadi merembet dan jadi turun mesin full…alamaaaaaaaaaaakkkk…abis deh 10jt buat turun mesin…dah gitu hasilnya kurang memuaskan….Astagfirllah…saya sampe nyesek bener nih dada…adaaaaa aja cobaan….istri dan orang tua semua nyalahin saya…pengen komplen ke temen si montir itu…tapi saya tidak mau ribut…terus saya bawa ke bengkel lain dan benahin pelan2…setelah lumayan enak akhirnya saya jual…karena masih kurang juga buat renovasi rumah…. hiks hiks…moga2 bisa kebeli lagi…amin…
disinilah baru ketauan…mana teman dan mana sahabat…dan Tuhan itu adil…ga mungkin Dia ngasih cobaan diluar batas kemampuan umatnya…diciptakanlah kondisi dimana sahabat2 itu datang…ada yang berperan sebagai donatur…ada yang berperan sebagai penasihat…ada yang berperan sebagai pelawak….ada temen kantor yang sering nraktir makan siang…kasian kali die liat ane bawa bekel mulu dengan lauk seadanya…hehe…terus dilalah bokap ane disuruh ngelola rumah duka dan bokap bilang ntar penghasilannya buat nerusin renov rumah saya dulu…terus sahabat2 lainnya ngasih suport dan menghibur agar ane bisa tertawa lagi dan melupakan masalah sejenak…dan ada salah satu sahabat yang nasihatnya menyejukan hati yang sedang galau…dia bilang “sekarang PR lo itu bukan di mobil…rumah…atau orang lain…sekarang yang harus lo benahin itu diri lo sendiri…gimana caranya agar lo bisa lapang dada…ikhlas…dan sabar… menerima cobaan ini…” Alhamdulillah punya sahabat kek gitu…padahal umurnya mudaan die…hehehe…

yah sekarang saya mulai menikmati hidup prihatin ini…kemana2 naik sepeda atau naik angkot…makan pagi dan siang bawa bekel…semaksimal mungkin ga jajan…rumah sebenernya tinggal finishing…tapi karena dah ga ada duit lagi jadi finish ga finish tempatin aja…hehehe….
iqro…bacalah…bacalah setiap kejadian disekeliling mu…resapi biar mendapat pelajaran…nikmati biar terasa ringan…akhir kata…mohon maaf apabila ada kata2….

August 24, 2011 - Posted by | Agama dan Kehidupan

2 Comments »

  1. mirip2 dgn apa yang saya alami juga… (^^)
    dan yang selalu jadi hiburan saya memang itu tadi : “gak mungkin Allah memberikan ujian di luar batas kemampuan hamba-Nya”

    nice share..

    Comment by Galih | January 5, 2012 | Reply

    • thnx…mungkin next step kita harus lebih lihai untuk bersyukur agar dalam menerima setiap ujian kita mampu berucap alhamdulillah…

      Comment by ncrut | September 25, 2012 | Reply


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

